@thesis{thesis, author={Andarista Neyna Vandarani}, title ={STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT. JASA RAHARJA CABANG JAWA TIMUR UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS MELALUI AKTIVITAS MARKETING PUBLIC RELATIONS}, year={2018}, url={https://eprints.stikosa-aws.ac.id/106/}, abstract={Penelitian ini membahas tentang Strategi Public Relations PT. Jasa Raharja Cabang Jawa Timur Untuk Meningkatkan Brand Awareness Melalui Aktivitas Marketing Public Relations, dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat Indonesia tentang Jasa Raharja sehingga perusahaan memerlukan suatu strategi dalam meningkatkan brand awareness perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mewawancarai key informan. Informan pada penelitian ini adalah Kepala Cabang Jasa Raharja Cabang Jawa Timur dan Humas Jasa Raharja Cabang Jawa Timur, teknik pengumpulan data yang dipakai berupa hasil wawancara, observasi, dan mengumpulkan data sekunder. Teori yang dipakai adalah Teori Bauran Pemasaran Jasa (marketing mix) dan Metode analisis yang digunakan yaitu pull strategy, push strategy, dan pass strategy dengan tujuan mengetahui strategi pemasaran yang dipakai dalam meningkatkan brand awarenesss (kesadaran merek) perusaahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Humas Jasa Raharja Cabang Jawa Timur telah melakukan aktivitas marketing public relations yang bertujuan untuk meningkatkan brand awarenesss (kesadaran merek) Jasa Raharja kepada masyarakat sekaligus meningkatkan citra positif perusahaan. Strategi yang digunakan Jasa Raharja Cabang Jawa Timur untuk meningkatkan kesadaran merek yaitu strategi Pull, Push, Pass yang dilakukan dalam berbagai bentuk seperti membuat iklan, event, sponsorship, CSR, sosialisasi. Media yang digunakan adalah media cetak dan elektronik. Aktivitas lainnya yaitu membuka layanan informasi melalui sms center Jasa Raharja dan website Jasa Raharja sebagai bentuk pelayanan prima Jasa Raharja. Tersedianya sarana dan prasarana serta kerjasama dengan mitra kerja terkait merupakan faktor pendukung aktivitas Humas sehingga kegiatan sosialisasi dapat efektif, namun sedikitnya jumlah pegawai Humas menjadi faktor penghambat dalam melaksanakan aktivitas Humas. Kata Kunci: Jasa Raharja Cabang Jawa Timur, Brand Awareness, Strategi} }