@thesis{thesis, author={Rumita Ria Rorik}, title ={PENGARUH TIPE TALKING CHIPS PADA TEMA 7 SUBTEMA 2 TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR}, year={2020}, url={https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/1072/}, abstract={Penelitian ini membahas mengenai keterampilan berpikir siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips pada kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh terhadap keterampilan berpikir siswa, keaktifan belajar siswa, dan respon siswa pada pembelajaran tematik dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips pada kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan menggunakan desain control group pre-test and post-test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan tiga tahap yaitu pemberian tes pretes, posttest, dan angket respon siswa dengan subjek berjumlah 8 siswa dari kelas eksperimen maupun kelas kontrol dikarenakan keterbatasan peneliti dalam melakukan penelitian di era pandemic Covid-19. Teknik dan pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis yang terdiri dari pre-test dan post-test, serta angket. Teknik analisis data berupa analisis data observasi siswa pada kelas eksperimen yang diperoleh nilai rata-rata secara keseluruhan yaitu 85,41% yang termasuk dalam kategori sangat aktif, sedangkan hasil rata-rata pada kelas kontrol secara keseluruhan yaitu 57,29 yang tergolong cukup aktif. Data hasil tes siswa dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t pada taraf signifikan  = 0,05 sehingga hasil yang diperoleh nilai thitung sebesar 37,079 sehingga thitung (37,079)  ttabel (3,182) maka H1 ditolak dan H0 diterima. Selain itu didukung dari nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000  0,05 maka H1 ditolak dan H0 diterima. Sedangkan hasil rata-rata respon siswa yang diperoleh secara keseluruhan yaitu 3,57 yang termasuk dalam kategori sangat positif} }