@thesis{thesis, author={Jannah Roikhatul}, title ={Pengaruh media Picture and Picture Tematik Integratif Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan pada tema tujuh subtema dua siswa kelas 1 Sekolah Dasar}, year={2020}, url={https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/1083/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Picture and Picture Tematik Integratif Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN Kebaron Tulangan dengan subjek penelitian siswa kelas I. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan model one group pretest posttest design. Pengambilan data ini dilakukan pada bulan April 2020. Penelitian ini dilakukan di SDN Kebaron Tulangan dengan subjek penelitian siswa kelas I. pembelajaran menggunakan media Picture and Picture Tematik Integratif Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan. Data dikumpulkan dengan cara obsevasi langsung di kelas, tes kemampuan awal (Pretest), hasil kemampuan akhir (Postest). Dari pengolahan data diperoleh nilai nilai rata-rata tes awal (pretest) = 59,50 dengan standar deviasi = 9,987 sedangkan untuk nilai tes akhir (posttest) = 84,00 dengan standar deviasi = 16,026. Ada perbedaan nilai rata-rata hasil tes sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran menggunakan media Picture And Picture Tematik Integratif terhadap hasil tes menulis permulaan pada siswa kelas satu Sekolah Dasar meningkat sebesar 24,50. Dapat disimpulkan ada pengaruh positif media Picture And Picture Tematik Integratif terhadap kemampuan menulis permulaan pada siswa kelas satu SDN Kebaron.} }