@thesis{thesis, author={Manunggal Bayu Dwi}, title ={EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TIPE MAKE A MATCH MATERI RELASI SISWA KELAS VIII}, year={2020}, url={https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/1166/}, abstract={Model pembelajaran tipe make a match adalah model pembelajaran dengan cara mencari pasangan soal dengan jawaban yang tepat dan siswa yang sudah menemukan pasangannya sebelum batas waktu akan diberi poin. Pemilihan model pembelajaran ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran pada siswa akan pentingnya belajar berfikir, menyelesaikan masalah, dan mengintegrasikan serta mengaplikasikan kemampuan dan pengetahuan mereka. Penelitian dilakukan dengan maksud untuk mendeskripsikan (1) Aktivitas guru dalam mengolah pembelajaran, (2) Aktivitas siswa, (3) Tes hasil Belajar, (4) Respons siswa terhadap model pembelajaran tipe make a match dalam materi relasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar angket respons siswa, dan lembar tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah : (1) Aktivitas guru dalam mengajar memperoleh kategori baik dengan rata-rata keseluruhan 3,6 . (2) Aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung memperoleh secara keseluruan dengan persentase ≥ 61%. (3) Tes hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal yang diperoleh sebesar 100%. (4) Angket respons siswa terhadap pembelajaran dengan kategori kuat sebesar > 60%. Berdasarkan hasil Pengamatan tersebut maka dapat disimpulkan efektivitas model pembelajaran tipe make a match pada materi relasi dikatakan efektif} }