@thesis{thesis, author={Ramadhani Neta Tri}, title ={Analisis Kemampuan Representasi Matematik Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOT Ditinjau Dari Gaya Belajar VARK.}, year={2020}, url={https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/1197/}, abstract={Kemampuan representasi matematika merupakan keterampilan yang sangat diperlukan seseorang sebagai upaya mencari solusi dari masalah yang sedang dihadapinya, namun setiap orang mempunyai cara mengkomunikasikan ide matematika berbeda-beda karena setiap orang mempunyai gaya belajar yang beragam. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan analisis representasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal HOT ditinjau dari gaya belajar visual, audio, read/write, dan kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian berjumlah delapan siswa kelas XI-MM1 SMA PGRI 2 Sidoarjo yang setiap gaya belajar diwakili sebanyak dua subjek. Data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu data hasil gaya belajar, data hasil tes representasi matematika, dan data hasil wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan mendeskripsikan representasi matematika yang digunakan siswa dalam menyelesaikan soal HOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap gaya belajar mempunyai kemampuan representasi matematika yang berbeda-beda dalam menyelesaikan soal HOT. Siswa dengan gaya belajar visual memenuhi semua indikator representasi matematik dalam menyelesaikan soal HOT. Subjek bergaya belajar audio dan kinestetik, keduanya memenuhi dua indikator representasi matematis dalam menyelesaikan soal HOT, yaitu representasi verbal dan ekspresi matematika. Siswa dengan gaya belajar read/write hanya satu subjek mampu memenuhi komponen representasi visual, representasi verbal dan representasi ekspresi matematika sedangkan satu subjek lainnya belum mampu memenuhi komponen representasi visual.} }