@thesis{thesis, author={Santu Yohanes}, title ={PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI WHATSAPP GROUP PADA SISWA KELAS X SMK PGRI 2 SIDOARJO}, year={2020}, url={https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/1343/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pembelajaran Sejarah Melalui WhatsApp Group Pada Siswa Kelas X SMK PGRI 2 Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 2 Sidoaro pada bulan Agustus 2020. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, yakni penelitian yang bermaksud untuk memahami mengenai perencanaan, pelaksanaan, dan kendala dalam pembelajaran Sejarah Melalui WhatsApp Group di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Hasil dari Penelitiannya Dalam Perencanaan pembelajaran selalu menyiapkan perangkat yang mendukung yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Menyiapkan materi yang akan disajikan, Proses pembelajarannya dibagi menjadi tiga bagian, yaitu kegiatan awal, inti, dan akhir. Kegiatan Awal : dalam kegiatan awal pelajaran dengan mengucap salam dan siswa menjawab salam dari guru, Kegiatan inti: menyampaikan KD, dan tujuan pembelajaran, serta mengirim file PPT pada Grup yang sudah ditentukan dan yang terakhir memberikan tugas. Dan hasil evaluasi dari pembelajaran dengan menggunakan media ini sudah cukup sesuai dengan harapannya. Meskipun sudah dirancang sedemikian rupa sehingga diharapkan proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Namun, kenyataannya masih ada kendala yang terjadi. Kendala-kendala yang terjadi adalah : Jaringan atau koneksi internet.} }