@thesis{thesis, author={Setiawan Andri}, title ={REPRESENTASI NASIONALISME DALAM FILM 3 SRIKANDI (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)}, year={2018}, url={https://eprints.stikosa-aws.ac.id/137/}, abstract={Film merupakan salah satu media massa yang paling populer di dunia. Salah satu fungsi film adalah mendidik. Di era globalisasi seperti sekarang, rasa nasionalisme semakin memudar. Banyak generasi muda Indonesia terpengaruh oleh arus Globalisasi. Film 3 Srikandi merupakan film biopic yang mengangkat kisah perjuangan 3 atlet panahan Indonesia. Film ini diduga memuat pesan-pesan nasionalisme. Iman Brotoseno selaku sutradara mengatakan film ini terdiri dari 70% fakta dan 30% fiksi. film 3 Srikandi juga menempati urutan pertama dari 10 film terlaris selama sepekan pemutaran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menemukan representasi nasionalisme yang terdapat dalam film 3 Srikandi. Peneliti menggunakan teori semiotik model Roland Barthes yang menganalisis melalui dua tahap penandaan, yaitu denotasi dan konotasi yang menghasilkan makna eksplisit untuk memahami makna yang terkandung dalam film ini. Dalam kerangka Barthes, konotasi identik dengan operasi ideologi, yang di sebut sebagai “mitos” dan berfungsi untuk mengungkapkan dan memberikan pembenaran bagi nilai-nilai dominan yang berlaku dalam suatu periode tertentu. Unit analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah 6 scene yang diduga merepresentasikan nasionalisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam film 3 Srikandi terdapat simbol-simbol yang merepresentasikan nasionalisme. Semangat/rasa nasionalisme tersebut ditunjukkan melalui simbol-simbol negara, sikap, busana-busana dan atribut, prestasi, teks/naratif petuah, Land mark, dll. Kata Kunci : 3 Srikandi, nasionalisme, semiotika, representasi} }