@thesis{thesis, author={Latifah Farichatul}, title ={KEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTS NURUL HUDA KALANGANYAR SEDATI SIDOARJO}, year={2022}, url={https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/1528/}, abstract={Kurangnya minat belajar siswa masih menjadi salah satu masalah yang dijumpai dalam kegiatan belajar mengajar, tidak terkecuali pada mata pelajaran matematika. Oleh karena itu sebagai seorang guru, tidak terkecuali guru matematika senantiasa dituntut untuk meningkatkan kemampuan mengajar, salah satunya adalah mengelola pembelajaran dengan menggunakan metode-metode pembelajaran yang menarik, sehingga dapat mengurangi kebosanan dan minat siswa untuk belajar dapat bertambah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTS Nurul Huda Kalanganyar Sedati-Sidoarjo. Efektivitas penggunaan model pembelajaran tersebut dapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu kemudahan para guru dalam menggunakan model make a match dalam proses pembelajaran, aktivitas dan respon siswa selama kegiatan model pembelajaran tipe make a match dan hasil belajar siswasetelah pembelajaran tipe make a match selesai. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan metode make a match dan metode konvensional, Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai media pembelajaran kelas eksperimen, kisi-kisi yang sesuai indikator pembelajaran dan aturan penskoran. Tahapan selanjutnya adalah melakukan pembelajaran dengan mtode make a match,setelah itu dilakukan post test dan kemudian dilakukan pengumpulan dan pengolahan data penelitian dengan membandingkannya dengan nilai ulangan siswa sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran materi bangun ruang sisi datar menggunakan metode make a macth tergolong dalam kategori baik dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran termasuk dalam kategori aktif serta memberikan respon yang positif. Selain itu, dari aspek ketuntasan hasil belajar dengan presentase 85% dari semua siswa secara individu, termasuk dalam kategori tuntas. Berdasarkan hasil yang sudah didapatkan menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan metode make a match pada materi bangun ruang sisi datar, secara umum dapat dikatakan efektif.} }