@thesis{thesis, author={Firdaus Abi Rahmat}, title ={STRATEGI BENCHMARKING VIVO DAN OPPO SEBAGAI IDENTITAS MERK BARANG}, year={2018}, url={https://eprints.stikosa-aws.ac.id/155/}, abstract={Hadirnya beberapa inovasi baru di dunia telekomunikasi membuat pelaku bisnis akhirnya bermunculan diseluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Inovasi dapat diciptakan dengan salah satu cara yaitu perbandingan antara perusahaan yang sama (benchmarking). Benchmarking sebagai proses pembandingan dan pengukuran operasi atau proses internal organisasi terhadap mereka yang terbaik dalam kelasnya, baik dari dalam maupun dari luar industri. Hal inilah yang dilakukan oleh PT. Vivo Mobile Indonesia dan PT. World Innovative Telecommunication. Sehingga penelitian ini ingin mengetahui bagaimana strategi benchmarking kedua perusahaan sebagai indentitas merek barang? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode wawancara secara mendalam dan juga observasi untuk mengetahui strategi pemasaran dan juga benchmarking sebagai identitas merek barang. dari hasil analisis penelitian menyebutkan bahwa Vivo melakukan perbandingan sebagai tolak ukur dengan Oppo dari produk Vivo fokus pada kamera& music sedangkan Oppo fokus pada kamera saja dan kegiatan promosi serta pemasaran menggunkan iklan, event,promosi, penjualan secara langsung untuk mengenalkan identitas merek barang dari kedua perusahan. Kata kunci :Strategi Benchmarking, Vivo, Oppo} }