@thesis{thesis, author={Misa Marce}, title ={Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar}, year={2021}, url={https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/1674/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan isi LKS, hasil belajar siswa dan respon siswa. Jenis penelitian menggunakan model Research and Development (R&D) yang dimodifikasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1-A SDN Siwalanpanji dengan memberikan pretest, posttest, dan respon siswa dengan jumlah subjek 8 orang siswa dikarenakan keterbatasan peneliti dalam melakukan penelitian di era covid-19. Teknik dan pengumpulan data menggunakan wawancara, validasi ahli, lembar tes dan lembar angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif presentase, uji normalitas, uji homogenitas, uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor presentase penilaian ahli materi tahap 1 sebesar 43,75% dan tahap 2 sebesar 75,5%, skor penilaian ahli media 92,5%. Hasil perhitungan menggunakan uji gain dengan rata-rata nilai pretest 59,88 posttest 87,75 dan nilai rata-rata uji gain 0,69 dengan kriteria sedang menunjukkan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa. Respon siswa diperoleh berdasarkan penilaian siswa terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan LKS dengan menunjukkan nilai presentase siswa antara 90% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, pengembangan LKS berbasis pendekatan saintifik layak digunakan pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Berdasarkan data hasil penelitian, LKS berbasis pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 Sekolah Dasar dan mendapatkan respon yang baik dari siswa.} }