@thesis{thesis, author={Chomsiyah Minarti Nurul}, title ={Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Mencitrakan Terminal 2 (T2) Bandara Internasional Juanda}, year={2015}, url={https://eprints.stikosa-aws.ac.id/176/}, abstract={Bandara Internasional Juanda terus mengalami peningkatan jumlah penumpang (overcapacity) setiap tahunnya. Oleh karena itu, pihak pengelola bandara melakukan pengembangan bandara yaitu dengan membangun Terminal 2 (T2). T2 dibangun dengan konsep yang lebih modern dan ramah lingkungan (futuristic eco airport) sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada pengguna jasa bandara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran dalam mencitrakan T2 Bandara Internasional Juanda kepada publik terutama para penumpang. Dengan menggunakan teori komunikasi pemasaran 4P dikenal dalam istilah marketing mix yang dikemukakan oleh Kotler (2000), terdiri dari Product, Price, Place, dan Promotion serta didukung dengan analisis STP (Segmentasi, Targetting, Positioning) untuk memperkuat strategi pemasarannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu melakukan pengumpulan data baik melalui pengamatan serta wawancara mendalam (indept interview) kepada divisi Communication and Legal Bandara Internasional Juanda (key informan) yang peneliti anggap berkompeten dalam tugasnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi promosi yang dilakukan humas dengan berbagai pihak yaitu media relations dan community relations untuk membantu tugasnya dalam mempromosikan T2 dan meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa. Sedangkan image yang dibangun yaitu humas melakukan repositioning T2 yang awalnya mengenalkan bandara sebagai Eco Airport, sekarang menjadikan T2 sebagai Culture Port yaitu sebuah bandara yang berinovasi dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan pengguna jasa dengan mengusung konsep budaya melalui berbagai kegiatan yang dilakukan di dalam bandara. Kata Kunci: komunikasi pemasaran, image T2, Bandara Internasional Juanda Surabaya} }