@thesis{thesis, author={Taudinu Ahmad}, title ={ANALISIS PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MA NURUL ISLAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT DAN POWTOON PADA PEMBELAJARAN SEJARAH}, year={2023}, url={https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/1857/}, abstract={Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa ma nurul islam menggunakan media pembelajaran power point dan powtoon pada pembelajaran sejarah, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen dengan pola pretest posttest design. Kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran power point dan powtoon pada pembelajaran sejarah. Data hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: Hasil validasi media pembelajaran power point dari validator dengan nilai 3.84 dan powtoon dari validator dengan nilai 4.03 dengan kategori sangat baik, validasi instrumen respon peserta didik terhadap media power point nilai 33,3 dan validasi instrument respon peserta didik terhadap media powtoon nilai 9,5 dengan kategori baik, validasi instrumen angket respon peserta didik rata-rata nilai 5 dengan kategori sangat baik. Uji hipotesis dengan taraf signifikansi (sig.2- tailed) adalah 0,153 lebih besar dari 0,05 (taraf signifikansi 5%). Dengan demikian, menunjukkan bahwa pada hasil belajar materi Alkuturasi terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran power point dan powtoon terhadap hasil belajar peserta didik Kelas X MA Nurul Islam Pungging Kab. Mojokerto karena melalui media power point dan powtoon peserta didik lebih bersemangat dalam kegiatan pembelajaran karena dapat menerima materi pelajaran secara interaktif melalui media yang digunakan terlihat dari nilai post tes lebih disbanding nilai pre test. Respon peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan penggunaan media power point dan powtoon sangat senang dan lebih termotivasi untuk meningkatkan prestasi hasil belajarnya. Hal tersebut dikarenakan saat pembelajaran berlangsung peserta didik mendapatkan materi pelajaran yang tidak membosankan karena interaktif dari desain presentasi power point dan powtoon memberikan nuasanya yang menarik peserta didik untuk lebih mudah memahami pelajaran sejarah.} }