@thesis{thesis, author={Tidy Genedy Edgar}, title ={KONSTRUKSI REALITAS DALAM SEKUEL FILM DIVERGENT (Analisis Codes Of Television John Fiske Terhadap Realitas Dalam Film Divergent dan Insurgent)}, year={2016}, url={https://eprints.stikosa-aws.ac.id/217/}, abstract={Kehadiran media massa tidak dapat dipandang dengan sebelah mata dalam proses pemberian makna terhadap realitas yang terjadi di sekitar kita. Salah satunya melalui media film. Film dianggap sebagai medium sempurna untuk merepresentasikan dan mengkonstruksi realitas kehidupan. Film yang merupakan hasil konstruksi bukan hanya sebagai media yang menjadi hiburan secara fiktif, namun seni film sebenarnya dikembangkan dari proses replikasi kehidupan sosial sebuah komunitas. Film mewakili realitas kelompok masyarakat tertentu, baik realitas dalam bentuk khayalan ataupun realitas dalam arti sebenarnya. Diantara sekian banyak gambaran realitas yang ter-konstruksi dengan baik dalam audio visual sebuah film, peneliti akan berfokus pada realitas yang terdapat dalam sekuel film Divergent yaitu “Divergent” dan “Insurgent”. Sekuel film yang diadaptasi dari novel ini mengambil latar belakang kota Chicago, Amerika Serikat. Chicago kini menjadi sebuah negara akibat adanya peperangan di masa lalu. Untuk melindungi diri dari serangan negara lain maka dibangunlah benteng raksasa mengelilingi perbatasan Chicago dengan dunia luar. Penduduk dibagi dalam tujuh kelompok yang terdiri dari lima kelompok. Kelompok ini biasa disebut dengan „Faction‟ yang ada dalam tatanan kehidupan masyarakat berdasarkan sifatnya, yang terdiri dari, Candor, Amity, Erudite, Dauntless dan Abnegation. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan analisis semiotik dengan teori Codes of Television (kode-kode televisi) milik John Fiske yang terdiri dari 3 level; Level Realita, Level Representasi, dan Level Ideologi. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa realitas yang dikonstruksikan dalam film Divergent dan Insurgent menunjukan kemiripan yang cukup kuat dengan kenyataan.} }