@thesis{thesis, author={IRAWATI AMALIA}, title ={REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM LIRIK LAGU-LAGU SEREMPET GUDAL (Kajian Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough)}, year={2016}, url={https://eprints.stikosa-aws.ac.id/234/}, abstract={Perempuan sebagai objek dalam lirik lagu bukan merupakan hal yang baru dalam jagad seni Indonesia. Sejak dulu, perempuan memiliki bermacam-macam penggambaran yang berbeda di setiap lagunya. Isu-isu sosial yang diangkat para musisi pun turut mengkonstruksi sosok perempuan dalam pandangan khalayak. Penelitian ini berfokus pada bagaimana perempuan digambarkan dalam lirik lagu-lagu Serempet Gudal, sebuah band indie asal Semarang yang terkenal di berbagai kota besar di Jawa dengan genre orkesnya. Peneltian ini merupakan studi kualitatif dengan menggunakan metode analisis wacana Norman Fairclough yang membedah pada dimensi teks, discourse practice, hingga sociocultural practice. Dengan menggunakan pisau bedah analisis wacana kritis Norman Fairclough, peneliti menyimpulkan bahwa secara bahasa, dalam ketiga lagu yang diteliti Serempet Gudal merepresentasikan perempuan dengan organ intimnya. Selain itu, faktor psikologis sosial para remaja Semarang turut mendukung Serempet Gudal dalam menciptakan sebuah karya yang terkesan kasar dan vulgar. Dari sana, Serempet Gudal berhasil mengkonstruksi bahwa perempuan yang tidak menjalankan norma sosial, berhak untuk menerima candaan para pria yang cenderung kasar.} }