@thesis{thesis, author={ANGGITA PUTRI DEVI}, title ={PENGARUH PROGRAM “MY TRIP MY ADVENTURE” TRANSTV TERHADAP PERILAKU REMAJA FANPAGE FACEBOOK MTMA SURABAYA}, year={2016}, url={https://eprints.stikosa-aws.ac.id/243/}, abstract={Setiap stasiun televisi berusaha mengemas berbagai macam program untuk memikat hati pemirsanya. Peran lain dari media televisi adalah sebagai media pendidikan kepada masyarakat tentang sesuatu hal yang belum dan ingin diketahui oleh masyarakat. Seperti pada program My Trip My Adventure (MTMA) yaitu program acara yang dibuat oleh TransTV untuk memberikan informasi kepada audien tentang keanekaragaman wisata alam di Indonesia dengan berbagai macam aktivitas yang menarik. My Trip My Adventure menjadi program travelling terbaik tahun 2015 dalam survey yang dilakukan oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Oleh karena itu, penelitian ini disusun dengan tujuan mengetahui pengaruh program “My Trip My Adventure” TransTV terhadap perilaku remaja Fanpage Facebook MTMA Surabaya. Metodologi dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sesuai dengan judul maka peneliti menggunakan landasan teori terpaan media untuk mengukur seberapa besar terpaan program My Trip My Adventure dan teori sikap untuk mengetahui perubahan perilaku komunikasi remaja. Sumber data utama berasal dari kuesioner yang disebarkan melalui media online, yaitu dengan menggunakan google docs. Peneliti menyebarkan kuesioner kepada 96 responden fanpage facebook MTMA Surabaya yang termasuk kedalam kategori remaja usia 13-21 tahun. Terdapat 21 pertanyaan yang mewakili tujuan penelitian pada kuesioner yang disebarkan oleh peneliti, yang dimana setiap pertanyaan memiliki nilai yang telah tertera sesuai dengan jawaban responden. Teknik analisis pada penelitian ini adalah analisis deskriptif serta analisis regresi linier sederhana. Analisa deskriptif digunakan untuk menjelaskan karakateristik dan jawaban yang diberikan oleh responden, Analisis regresi dilakukan untuk menguji kekuatan hubungan antara dua variabel atau lebih. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin kuat pengaruh program My Trip My Adventure, semakin berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku remaja Fanpage Facebook MTMA Surabaya, hal ini dapat diketahui dari hasil regresi dengan nilai t-hitung sebesar 9,770 lebih besar dari t-tabel sebesar 1,985 maka Ho ditolak pada tingkat signifikansi 5%. Model regresi “Sikap = 1,755 + 0,529 Pengaruh + e” dapat diartikan bahwa tingginya terpaan tayangan meliputi frekuensi, durasi dan atensi responden dalam menonton program My Trip My Adventure, membuat responden menunjukkan sikap kognitif, afektif, dan konatif yang positif atau mendukung yaitu tidak hanya mengetahui dan merasa senang terhadap program My Trip My Adventure tetapi juga bergabung dengan komunitas My Trip My Adventure, mengeksplor alam Indonesia, serta menirukan perilaku dari pemandu program.} }