@thesis{thesis, author={PUTRI NABILA MEGA}, title ={POLA KOMUNIKASI GURU TERHADAP MURID SMA DI SLB-B DHARMA WANITA SIDOARJO}, year={2020}, url={https://eprints.stikosa-aws.ac.id/309/}, abstract={Skripsi dengan judul POLA KOMUNIKASI GURU DAN MURID SMA DI SLB-B DHARMA WANITA SIDOARJO (Studi kasus mengenai Pola Komunikasi antara guru SMA dan murid SMA sebagai informan). Skripsi (S-1), Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi – Almamater Wartawan Surabaya, Kekhususan Broadcasting, April 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi serta hambatan komunikasi guru SMA terhadap murid SMA yang memiliki keterbatasan khusus dalam pendengeran (tuna rungu). Kajian pustaka dalam penelitian ini ialah pola komunikasi serta pola komunikasi guru dan murid. Dimana pola komunikasi yang memiliki tiga arah untuk memahami menerapan komunikasi antara guru dan murid. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif, dimana sumber data diperoleh melalui wawancara informan atau narasumber. Subjek dalam penelitian ini ialah dua guru SMA yakni Syaiful sebagai wali kelas XII dan Bambang sebagai wali kelas X, serta dua siswa SMA SLB-B Dharma Wanita Sidoarjo bernama Nasya dan Imam. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif yaitu data kualitatif yang diperoleh dari wawancara informan dan observasi kemudian akan memberikan gambaran proses komunikasi guru dengan murid. Kesimpulan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru dan siswa SMA di SLB-B Dharma Wanita Sidoarjo memiliki penerapan pola komunikasi Linear, Primer, dan sekunder serta pola komunikasi guru dan murid dua arah, dan multiarah dalam berkomunikasi terhadap muridnya. Sedangkan dalam hambatan komunikasi dapat disimpulkan bahwa guru dan siswa SMA di SLB-B Dharma Wanita Sidoarjo kerap mengalami hambatan sosial budaya, prasangka, lingkungan, dan semantis dalam berkomunikasi terhadap murid namun dapat mengatasinya. Kata Kunci : Pola Komunikasi, Hambatan Komunikasi, guru dan murid SMA, SLB-B} }