@thesis{thesis, author={NURSISWANTI SYIFA}, title ={GAMBARAN MUTU PELAYANAN PASIEN BPJS DI POLI MATA RS SINGAPARNA MEDIKA CITRAUTAMA KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2019}, year={2019}, url={https://repository.universitas-bth.ac.id/387/}, abstract={Badan kesehatan dunia yaitu World Health Organisation (WHO) berupaya agar pelayanan kesehatan di dunia dapat memberikan suatu sistem pelayanan yang baik untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di berbagai dunia. Mutu pelayanan kesehatan yang diberikan menunjuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam memenuhi kebutuhan dan tuntutan setiap pasien, makin sempurna kebutuhan tuntutan setiap pasien, makin baik pula mutu pelayanan kesehatan. Sehingga mutu pelayanan ini harus diterapkan sesuai dengan ketentuan maupun kebijakan yang ditetapkan untuk seluruh institusi kesehatan, karena tingkat kepuasan merupakan patokan dari bermutunya pelayanan suatu institusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran mutu pelayanan kesehatan di poli mata RS SMC Kabupaten Tasikmalaya berdasarkan dimensi tangible, reability, responsiviness, assurance dan empathy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan tekhnik pengumpulan data melalui pemberian kuesioner. Pengambilan sampel responden digunakan dengan tekhnik purposive sampling sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ke lima dimensi mutu pelayanan termasuk dalam kategori baik, dengan perhitungan menggunakan SPSS dalam bentuk persentase. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa ke lima dimensi mutu pelayanan yang terjadi di RS SMC Kabupaten Tasikmalayan termasuk dalam kategori baik semua. Kata Kunci: mutu pelayanan, bentuk fisik (tangible), kehandalan (reability) , cepat tanggap (responsiviness), jaminan (assurance) , perhatian (empathy)} }