@thesis{thesis, author={Lestari Rizky Nindy}, title ={Personal Branding Storygrapher Melalui Media Sosial Instagram (Analisis Isi pada Akun @Amrazing Periode 1 April 2017 – 1 April 2018)}, year={2018}, url={https://eprints.stikosa-aws.ac.id/44/}, abstract={Social media influencer atau influencer merupakan publik figur yang memiliki kekuatan untuk memengaruhi daya beli orang lain karena kekuasaan, pengetahuan, posisi, atau hubungan dengan audiens yang dimilikinya melalui media sosial. Salah satu influencer di Indonesia adalah Alexander Thian, pemilik akun Instagram @amrazing. Pada biografi mini di Instagramnya, Alex mendefinisikan dirinya sebagai storygrapher. Akun Instagram @amrazing menjadi objek penelitian karena memiliki followers sebanyak kurang lebih 188.000 dan telah mengunggah foto sebanyak 1985 foto per tanggal 1 April 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui personal branding storygrapher melalui media sosial Instagram. Penelitian ini mengacu pada teori Five Brand Personality Traits yang dikemukakan oleh Kotler dan Amstrong (2006) dan berdasarkan definisi storygraph yang diperkenalkan oleh Rio Haminoto. Ada lima skala dimensi brand personality dengan lima belas indikator yaitu sincerity (down to earth honest, wholesome, cheerful), excitement (daring, spirited, imaginative, up to date), competence (reliable, intelligent, successful), sophistication (upperclass, charming), dan ruggedness (outdoorsy, though). Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif deskriptif. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah lima skala dimensi Five Brand Personality Traits beserta lima belas indikatornya dan kategori Storygraphy dengan tiga indikator yaitu photo (foto), caption about photo or behind the scene (caption yang menjelaskan tentang foto atau proses di balik pengambilan foto), dan caption story (caption yang bercerita). Hasil penelitian menunjukkan akun Instagram @amrazing memenuhi lima skala dimensi Five Brand Personality Traits dengan proporsi yang berbeda. Dari lima skala dimensi brand personality, kategori Sincerity (ketulusan) mendominasi karakter yang membentuk personal branding Alex dengan persentase sebesar 26,65%. Selain itu, hasil analisis pada kategori Storygraphy menunjukkan bahwa akun Instagram @amrazing merupakan sarana untuk membentuk personal branding sebagai Storygrapher karena Alex konsisten dengan ciri khasnya dalam merangkai caption yang bercerita sebagai pelengkap ilustrasi berupa foto, ditandai dengan adanya tagar #LetMeTellYouAStory. Kata kunci: Personal branding, storygrapher, Instagram, analisis isi, Five Brand Personality Traits.} }