@thesis{thesis, author={Dewi Anugrahani Artyka}, title ={STUDI FENOMENOLOGI INTERNALISASI NILAI-NILAI BUDAYA JEPANG MELALUI ANIME DI KALANGAN OTAKU}, year={2017}, url={https://eprints.stikosa-aws.ac.id/54/}, abstract={Budaya populer Jepang saat ini sudah mulai banyak diminati oleh kalangan remaja di Surabaya, khususnya para Otaku. Jepang juga dikenal sebagai negara maju yang tetap mempertahankan dan memelihara budayanya. Selain memelihara budaya tradisional, Jepang juga mengembangkan budaya populernya. Budaya popular Jepang yang berkembang di Indonesia sendiri yaitu musik, makanan, fashion, dan sebagainya. Anime sangat berpengaruh terhadap penyebaran budaya populer Jepang. Setelah munculnya anime dan penyebarannya yang semakin luas, anime menjadi sebuah kekuatan besar yang dimiliki Jepang untuk mengenalkan budaya Jepang kepada dunia luar. Akhirnya budaya Jepang pun mulai dikenal di berbagai negara termasuk Indonesia. Dengan berkembang dan dinikmatinya anime secara mendunia, maka anime menjadi alat untuk mengenal kehidupan, nilai-nilai, dan kebudayaan Jepang. Anime dijadikan sebagai soft power untuk mengenalkan Jepang kepada dunia. Perkembangan budaya populer Jepang itu didukung oleh penyebaran anime di seluruh dunia. Keberadaan anime sebagai media hiburan juga sangat berpengaruh terhadap internalisasi nilai di dalam diri Otaku. Nilai-nilai yang diiternalisasikan melalui anime memberikan pengaruh kepada sikap dan kepribadian otaku. Kepopuleran anime membuat otaku semakin menyukai Jepang. Pengaruh anime pada kehidupan otaku meliputi aspek yang berbeda-beda. Hal itu terbukti dari internalisasi dalam diri otaku mengenai Jepang, bahkan diantara mereka ada yang lebih menyukai budaya Jepang daripada budayanya sendiri seperti musik, bahasa, pakaian, dan sebagainya.} }