@thesis{thesis, author={Awwalina Hanifatul}, title ={Pengaruh Pembelajaran Kooperati Tipe Pair Checks Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika.}, year={2020}, url={https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/869/}, abstract={Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan menyelesaikan soal cerita pada waktu pembelajaran di kelas, maka dapat menerapkan pembelajaran Pair Checks agar siswa dapat berpendapat atau lebih aktif dalam kelas . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020 di SMK Informatika Sumber Ilmu Tulangan. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan 26 siswa pada kelas X-E (Pemasaran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang ditunjukkan dari nilai thitung = 3,431 > ttabel = 2,064 dan didukung dengan kondisi probabilitas signifikan sebesar (0,002) yang kurang dari ? (0,05). Selain itu ditunjukkan juga dengan persamaan regresi linearnya yaitu -15,479 +1,743X yang memperlihatkan bahwa jika pembelajaran Pair Checks dilaksanakan semakin baik maka kemampuan berpikir kritis siswa juga akan semakin baik. Pembelajaran Pair Checks memiliki kontribusi/pengaruh sebesar 32,9% terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita.} }