@thesis{thesis, author={Navila Rahil Ainun}, title ={ANALISIS SEMIOTIK PESAN SOSIAL VIDEO BLOG “BAPAK MINTA PROYEK” DI YOUTUBE}, year={2018}, url={https://eprints.stikosa-aws.ac.id/87/}, abstract={Video blog (vlog) merupakan salah satu media komunikasi massa yang efektif untuk di konsumsi masyarakat . semua yang di suguhkan dalam video blog seperti ide cerita, dialog, adegan, latar pembuatan dan lainya merupakan pesan yang di tujukan untuk masyarakat. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Vlog Kaesang dengan judul “Bapak Minta Proyek” sebagai objek penelitian. Sebab, dalam video yang berdurasi 2 menit 39 detik ini menceritakan tentang permasalahan yang terjadi di Indonesia di tahun 2017 yang dimana kasus penistaan agama yang dilakukan Ahok selain itu juga kasus penyalahgunaan status jabatan pemerintah untuk kepentingan sendiri. Maka dari itu video blog (vlog) merupakan salah satu fenomena komunikasi saat ini. Peneliti memilih video blog “bapak minta proyek” karena video tersebut merupakan salah satu video yang cukup viral dan menuai pro dan kontra karena mengangkat permasalahan yang terjadi di di tahun 2017 yang dimana permasalahan penistaan agama yang dilakukan oleh Ahok dan juga permasalahan kedua yang di angkat oleh Kaesang yaitu tentang penyalahgunaan jabatan pemerintahan untuk kepentingan sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mempresentasikan pesan sosial dalam video “bapak minta proyek” dengan menggunakan pisau bedah semiotika Roland Barthes yaitu makna denotasi, konotasi, dan mitos melalui analisis shot by shot. Hasil penelitian ini dilihat dari analisa denotasi dalam video “Bapak Minta Proyek” merupakan proses pencarian makna pesan sosial yang ada dalam video tersebut, dengan mengangkat kasus penistaan agama danpenyalahgunaan jabatan pemerintahan. Konotasi yang digambarkan di dalam video adalah pesan sosial yang disampaikan oleh Kaesang mengenai permasalahan yang dimana kita harus bersama-sama bekerjasama untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik. Sedangkan mitos dalam video “Bapak Minta Proyek” masyarakat Indonesia dikenal denganBhineka Tunggal Ika (berbeda-beda tetapi tetap satu) yang menjadi jatidiri sebuah bangsa dan negara. Kata Kunci : Video blog (vlog), Pesan sosial, Semiotika, Roland Barthes} }