@thesis{thesis, author={ }, title ={Pengaruh minat motivasi terhadap hasil belajar insert ekonomi syariah dengan variabel intervening kecerdasan spiritual pada pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Kota Malang}, year={2019}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MDE4MjE5YTAtYThmMS0xMWU5LTk3MjctNmIzNzMwYzllODA5}, abstract={ABSTRAKEko Budi Waluya. 2019. Pengaruh minat, motivasi, terhadap hasil belajar insert ekonomi syariah dengan variabel interveningkecerdasan spiritual pada pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Kota Malang. Tesis, Program StudiPendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.Pembimbing: (I) Dr.Luqman Hakim,S.Pd,. M.SA., dan (II) Dr. Norida CandaSakti, M.Si.Kata-kataKunci: Minat, Motivasi, Hasil Belajar Insert ekonomi syariah, Kecerdasan spiritual.Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis: 1) pengaruh minat terhadap hasil belajarinsert ekonomi syariah. 2) pengaruh motivasi terhadap hasil belajar insert ekonomi syariah. 3) pengaruh kecerdasanspiritual terhadap hasil belajar insert ekonomi syariah. dan 4) pengaruh minat, motivasi, terhadap hasilbelajar melalui kecerdasan spiritual . Penelitianini menggunakan data primer yang diperoleh dari tiga madrasahaliyah yang ada di Kota Malang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalurdari sampel yang ada di tiga madrasah yaitu MA Nurul Ulum Malang, MA AlhayatulIslamiyah Malang, dan MA Hamid Rusydi Malang. Hasil deskripsi minat belajar diperoleh mayoritasjawaban responden adalah jawaban setujudengan dengan frekuensi 104 dan jumlah prosentase sebanyak 73 %,Variabel motivasibelajar didapati bahwa diperoleh mayoritas jawaban responden adalah jawaban setujudengan frekuensi 94 dengan prosentase 66%, dan variabel hasil belajar diperoleh mayoritasresponden pada saat post test mendapatkan nilai 80 dengan frekuensi 63 danprosentase 44%, sedangkan pada saat pre test mendapatkan nilai 60 denganfrekuensi 59 dan prosentase 41%, sedangkan padavariabel intervening kecerdasan spiritual didapati bahwa diperoleh mayoritasjawaban responden adalah jawaban setuju dengan frekuensi 96 dan prosentase 67 %.Berdasarkanperhitungan tersebut didapatkan nilai koefisien determinasi total sebesar 0,667artinya bahwa model path yang terbentuk mampu menjelaskan sekitar 66,7% variasidata penelitian. Berdasarkanhasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa minat dan motivasi memiliki pengaruh positif baiklangsung maupun melalui variabel kecerdasan spiritual terhadap hasil belajarinsert ekonomi syariah pada MA Nurul Ulum Malang, MA Alhayatul Islamiyah KotaMalang, danMA Hamid Rusydi Kota Malang.} }