@thesis{thesis, author={ }, title ={Pengembangan PerangkatPembelajaran Menggunakan Model Learning Cycle5E untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Generik SainsPeserta Didik pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit }, year={2021}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MDRhODRjNDAtYTIyMi0xMWViLTg0ZTYtMjcwMWU0MzM2OTY4}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkanperangkat pembelajaran menggunakan model Learning Cycle 5E yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilangenerik sains peserta didik pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Pengembangan perangkat pembelajaranmenggunakan model R & D dengan rancangan uji coba perangkat pembelajaran one group pretest-posttest design.Subjek penelitian adalah perangkat pembelajaran menggunakan model Learning Cycle 5E yang diterapkan pada peserta didik kelas XMIPA 1 dan MIPA 2 MA YKUI Maskumambang Dukun-Gresik masing-masing untuk uji coba terbatas danuji coba luas. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi validasi,observasi, angket dan tes. Hasil validasi menunjukkan bahwa validitas perangkat pembelajaran memilikiskor rata-rata dengan kategori sangat valid. Lalu hasil uji cobaterbatas menunjukkan bahwa (1)kepraktisan perangkat pembelajaran ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaranmenunjukkan skor rata-rata dengan kategori sangat baik, aktivitas peserta didik yang dominan merupakan aktivitasrelevan, keterbacaan BAPD, dan keterbacaan LKPD berkisar antara 93% sampai 100%(2) keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari hasil tes penguasaankonsepdengan peningkatan rata-rata 0,8 dengan kategoritinggi, hasil tesketerampilan generik sains dengan peningkatan rata-rata 0,8 dengan kategoritinggi, dan respon peserta didik dengan rentang 87% sampai 100% dengan kriteria sangat baik. Sementara itu hasiluji coba lebih luas menunjukkan bahwa (1) kepraktisan perangkat pembelajaran ditinjau dari keterlaksanaanpembelajaran menunjukkan skor rata-rata dengan kategori sangat baik, aktivitas peserta didik yang dominanmerupakan aktivitas relevan, keterbacaan BAPD, dan keterbacaan LKPD berkisarantara 95%sampai 100% (2) keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari hasil tes penguasaankonsepdengan peningkatan rata-rata 0,8 dengan kategoritinggi, tes keterampilan generik sains dengan peningkatan rata-rata 0,8 dengankategori tinggi, dan respon peserta didik dengan rentang 86% sampai 100%dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data, dapatdisimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dengan menggunakan model learningcycle5E layak digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan generik peserta didik.} }