@thesis{thesis, author={ }, title ={PENGEMBANGANALAT PRAKTIKUM HUKUM II NEWTON DENGAN SENSOR INFRARED UNTUK MELATIHKANKETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA KELAS X}, year={2020}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MDU2YWRjMDAtYTQ5NS0xMWVhLTgxNzEtYjVmNWE2NWI1NGRl}, abstract={Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan alatpraktikum Hukum II Newton dengan sensor Infrared yang layak (valid,praktis dan efektif). Penelitian pengembangan ini menggunakan model Analysis-Desain-Develop-Implement-Evaluate (ADDIE). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknikvalidasi, teknik observasi dan teknik angket dengan sasaran penelitian siswakelas X IPA 3 SMA Negeri Jogoroto. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Persentase validitas alat praktikumdari dosen sebesar 88,33% dengan kategori sangat valid; 2) Persentase kepraktisan yang ditinjau dari hasil keterlaksanaandan kendala pembelajaran sebesar 88,19% dengan kategori sangat praktis; 3) Persentase keefektifan yang ditinjau dari nilai keterampilanproses sains dengan rentang 72%-82%(merancang percobaan 79,84%; melakukan percobaan 82,26%; pengumpulan data78,63%; menganalisis data 74,59%; dan menarik kesimpulan 72,17%) serta ditinjaudari respons siswa sebesar 95,77% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, Alat PraktikumHukum II Newton dengan sensor Infrared dinyatakan layak dan dapat melatihkanketerampilan proses sains. Kata Kunci: Alat praktikum Hukum II Newton dengan sensor Infrared, ketarampilan proses sains.} }