@thesis{thesis, author={ }, title ={Implementasi Program Jaminan Sosial Melalui Aplikasi BPJSTKU Mobile Pada BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Surabaya Darmo}, year={2020}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MDVkYWMyNjAtYzRkNS0xMWVhLThiNzUtNmI3YzUyYTUyYjM2}, abstract={Aplikasi BPJSTKU Mobile merupakan salah satu jenispelayananan yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan Kantor CabangSurabaya Darmo. Aplikasi ini dihadirkan guna menjawab berbagai keluhan yangdialami oleh peserta. Keluhan tersebut berupa antrian panjang dalam prosespelayanan dan lamanya proses pembuatan kartu kepsesertaan. Penelitian inimenggunakan metode deskriptif kualitatif yang digunakan untuk memperoleh gambaranmengenai penyediaan pelayanan jaminan sosial ketenagakerjaan melalui aplikasiBPJSTKU Mobile. Teori yang digunakan menurut Lijan Poltak Sinambela, asaspelayanan publik yang terdiri dari : Transparansi, aplikasi BPJSTKU Mobilemerupakan wujud keterbukaan data dalam bentuk pelaporan keuangan, peserta dapatmengecek jumlah saldo yang dimiliki hingga mengkalkulasikan dana yang akanditerima pada akhir masa kerja. Akuntabilitas, aplikasi BPJSTKU Mobile inididasarkan pada Peraturan Direksi BPJS ketenagakerjaan dan dalam kinerjanyapihak BPJS Ketenagakerjaan kantor cabang Surabaya Darmo akan bertanggung jawabke kantor pusat, kemudian pusat akan bertanggung jawab langsung kepadapresiden. Kondisional, pihak BPJS Ketenagakerjaan kantor cabang Surabaya Darmotelah memiliki fasilitas layanan yang sama dengan kantor cabang lainnya, mulaidari format alur layanan hingga akses difabel bagi peserta. Partisipatif, pihakBPJS Ketenagakerjaan kantor cabang Surabaya Darmo telah melibatkan aspirasimasyarakat dalam bentuk penyampaian kritik ataupun saran yang dapat dilakukanlangsung melalui aplikasi tersebut,website, media sosial, komentar pada Google Playstore maupun kotak saran. Kesamaanhak, BPJS Ketenagakerjaan kantor cabang Surabaya Darmo tidak membeda-bedakandalam melayani peserta, calon peserta, pekerja biasa maupun pekerja difabel.Keseimbangan hak dan kewajiban, pihak BPJS Ketenagakerjaan kantor cabangSurabaya Darmo maupun peserta telah memenuhi hak dan kewajiban masing-masingyaitu pihak BPJS Ketenagakerjaan memiliki hak dan kewajiban untuk melayanipeserta dengan tetap mengacu pada Undang-Undang No. 24 Tahun 2011 tentang BadanPenyelenggara Jaminan Sosial sedangkan peserta berhak mendapatkan pelayananyang sama serta berkewajiban untuk mentaati semua peraturan yang diselenggarakan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan kantor cabang Surabaya Darmo. Kata Kunci: PelayananJaminan Sosial, Asas Pelayanan Publik, BPJSTKU Mobile.} }