@thesis{thesis, author={ }, title ={PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN KELAS XII SMA}, year={2021}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MGIyZjZhZDAtNzUxYS0xMWViLThhZWItZWYyZTNlMTA0YWUz}, abstract={Mind mapping merupakan peta pikiran yang dikategorikan sebagai metode mencatat yangdapat mengembangkan keahlian peserta didik untuk mengingat materi danmelatihkan keterampilan berpikir kreatif. Berpikir kreatif merupakan caraberpikir peserta didik yang dinilai dari aspek berpikir lancar, berpikir luwes,berpikir orisinil, dan keterampilan mengelaborasi. Penelitian ini bertujuanuntuk menghasilkan LKPD berbasis mindmapping untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif pada materipertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang valid, praktis, dan efektif.Pengembangan LKPD memanfaatkan model pengembangan 4-D (define,design, develope, and disseminate), tetapi hanya dilakukan sampai padatahap develope. LKPD divalidasikan paraahli dan diujicoba secara terbatas hanya 20 peserta didik kelas XII SMAN 02Kota Mojokerto. Analisis kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan LKPD dankeefektifan ditinjau dari hasil evaluasi belajar dan respon peserta didik.Hasil LKPD yang dikembangkan valid dengan skor sebesar 98,35% dan kategori sangatlayak. Hasil kepraktisan dilihat dari keterlaksanaan LKPD sebesar 92,66% dengankategori sangat praktis dan keefektifan dilihat dari hasil evaluasi belajarsebesar 100% dan respon sebesar 92,3% dengan kategori sangat baik. LKPD yangdikembangkan layak dikembangkan untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif.Kata kunci: LKPD, mind mapping,keterampilan berpikir kreatif, pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan} }