@thesis{thesis, author={ }, title ={PERAN KEPEMIMPINANTRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALMA MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH}, year={2022}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MGI5M2Q5YzAtZGQ2OC0xMWVjLTg4ZjYtN2RkNGNiYzg1Nzcx}, abstract={Tujuan penulisanartikel ilmiah ini untuk memahami, mendeskripsikan, serta mengkaji perankepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam mewujudkan pendidikankarakter peserta didik. Metode yang digunakan pada penulisan artikel ilmiah inimenggunakan studi literatur yang mengkaji dari beberapa sumber yakni: jurnal,buku, artikel, dan dokumen lain yang relevan dengan topik pembahasan. Kajiandata dilakukan melalui beberapa tahapan antara lain: Pertama, bahan kajianartikel yang sudah terkumpul akan dikelompokkan sesuai dengan rumusan masalahyang telah ditentukan. Kedua, dilakukan analisis terhadap bahan kajianartikel yang telah di kelompokkan. Ketiga, berdasarkan hasil daripengkajian dan interpretasi data, langkah selanjutnya membuat simpulan.Berdasarkan hasil dari kajian studi literatur tersebut maka dapat diketahuibahwa: Pertama, kepemimpinantransformasional kepala sekolah memiliki peranan esensial dalam implementasipendidikan karakter peserta didik di sekolah. Kedua, faktor keberhasilankepemimpinan transformasoional kepala sekolah dalam implementasi pendidikankarakter peserta didik ditentukan oleh (1) motivasi kerja tenaga pendidik dalam implementasi pendidikankarakter di sekolah; (2) peran kepala sekolah dalam membuat strategi daninovasi dalam mewujudkan pendidikan karakter di sekolah.Kata Kunci: kepemimpinan transformasional kepala sekolah, Pendidikankarakter } }