@thesis{thesis, author={ }, title ={Pengembangan LKS Berbasis Discovery Learning Pada Materi Hukum Newton Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains}, year={2019}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MTEyNTZmMDAtN2I3Ni0xMWU5LTk2YjktYWI4Mjc5ZDY5OWRl}, abstract={Penelitianini bertujuan mendeskripsikan kelayakan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis discovery learning padamateri Hukum Newton untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Modelpengembangan yang digunakan yaitu Researchand Development (R&D) meliputi tahapan potensi dan masalah, pengumpulandata, desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba terbatas. KelayakanLKS berbasis discoverylearning dapatditinjau dari 3 aspek yaitu validitas, kepraktisan dan efektivitas. Hasilvalidasi menunjukkan syarat didaktik sebesar 82,94%, syarat konstruksi sebesar91,21% dan syarat teknis sebesar 86,11%. Rata-rata dari penilaian syarat LKSdinyatakan sangat layak. Kelayakan ditinjau dari keprakisan menunjukkan hasilpengamatan aktivitas siswa sebesar 81,62 % dinyatakan sangat layak dan responsiswa sebesar 89,47 % dinyatakan sangat layak. Kelayakan ditinjau dariefektivtas menunjukkan hasil peningkatan keterampilan proses sains dengan nilaiN-Gain sebesar 0,83 kategori tinggi. Peningkatan tiap siswa sebesar 15,7 %kategori sedang dan 84,3 % kategori tinggi. Hasil penelitian menujukkan bahwaLKS berbasis discovery learning pada materi Hukum Newton dinyatakanlayak digunakan berdasarkan aspek kelayakan yaitu validitas, kepraktisan danefektivitas. Kata Kunci: PengembanganLKS, discovery learning, keterampilanproses sains.} }