@thesis{thesis, author={ }, title ={IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU JENJANG SMP DI KABUPATEN GRESIK}, year={2019}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MTI0NTQ4NjAtOThhNy0xMWU5LTkwNzktYzdiZDM3ZjMzNzE3}, abstract={Untuk mengatasi permasalahan mutu pendidikan makapemerintah mengeluarkan kebijakan sistem zonasi pada Penerimaan Peserta DidikBaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan sistem zonasi dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kebijakan sistem zonasipenerimaan peserta didik baru jenjang SMP di Kabupaten Gresik. Penelitianini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjekpenelitian ini yakni Kasi Kurikulum SMP, Staf Kurikulum SMP, Kabid Pendidikan Dasar, Waka Kesiswaan, Wakil KepalaSekolah.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan teknik analisis data model Milles danHubberman yaitu kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekankeabsahan data meliputi uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan teknik,membercheck, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian adalahsebagai berikut: (1) implementasi kebijakan sistem zonasi pada PPDB diKabupaten Gresik yang telah dilaksanakan selama 2 tahun ini tujuannyauntuk pemerataan kualitas pendidikanpada sekolah-sekolah di wilayah Kabupaten Gresik sejauh ini sudah berjalan denganefektif, telah nampak potensi-potensi peserta didik mulai merata di wilayahKabupaten Gresik.(2) kendala yang dihadapi dalam implementasi sistem zonasiyaitu kekurangpahaman walimurid terhadap sosialisasi mengenai sistem zonasikarena latarbelakang pendidikan walimurid yang berbeda-beda. Upaya untukmengatasi kendala yaitu mensosialisasikan sistem zonasi lebih awal dengansejelas-jelasnya. KataKunci : kebijakan pendidikan, sistem zonasi, implementasi kebijakan pendidikan} }