@thesis{thesis, author={ }, title ={Proses Berpikir Kreatif Siswa SMA dalam Pembelajaran Berbasis Inkuiri Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Adaptasi dan Inovasi}, year={2019}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MTdhOTIyZjAtYjNkZi0xMWU5LThmZWYtZTNhODg1ZTAwMDNj}, abstract={Pada dasarnya pembelajaranmatematika diberikan kepada siswa untuk membantu mereka menjadi individu yangmampu memecahkan masalah dengan menggunakan ideide matematika Ketika individusedang memecahkan suatu masalah terkadang algoritma biasa yang dimilikiindividu tersebut tidak dapat digunakan sehingga individu dituntut untukmenghasilkan ideide baru berpikir kreatif yang dapat digunakan untukmenyelesaikan masalah Dalam upaya menumbuhkembangkan keterampilan siswa dalammenghasilkan ideide melalui pembelajaran guru perlu mengetahui bagaimana prosesberpikir kreatif siswa dalam pembalajaran yang melibatkan aktivitas memecahkanmasalah Di sisi lain berdasarkan teori Kirton kecenderungan individu dalammemecahkan suatu masalah dibedakan menjadi dua yaitu gaya kognitif adaptasi dangaya kognitif inovasiPenelitian kualitatif ini bertujuan untukmendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran berbasisinkuiri matematis ditinjau dari gaya kognitif adaptasi dan inovasi Penelitiandilakukan dengan menerapkan pembelajaran berbasis inkuiri matematis yangdiikuti 36 siswa SMA kelas X MIA dan mendeskripsikan bagaimana proses berpikirkreatif siswa dalam pembelajaran tersebut Subjek penelitian terdiri dari duasiswa dengan gaya kognitif dan dua siswa dengan gaya kognitif inovasi totalempat subjek Observasi dalam penelitian ini bertujuan untuk memastikan bahwapenerapan pembelajaran yang berlangsung dalam penelitian ini sesuai denganprinsip pembelajaran berbasis inkuiri matematis Wawancara retrospektifdilakukan untuk menggali informasi yang lebih dalam khususnya mengenai prosesberpikir kreatif subjek pada tahap inkubasi dan tahap iluminasi tahap yangtidak dapat diamati Hasilpenelitian menunjukkan bahwa proses berpikir kreatif siswa dengan gaya kognitifadaptasi dan siswa dengan gaya kognitif inovasi dalam pembelajaran berbasisinkuiri matematis melalui tahap persiapan dimana siswa mengidentifikasi masalahtahap inkubasi dimana siswa mengesampingkan masalah tahap iluminasi dimanasiswa saat dalam masa inkubasi tibatiba muncul ide yang dianggap dapatdigunakan untuk menyelesaikan masalah tahap verifikasi dimana siswa memeriksakembali ide yang dihasilkan } }