@thesis{thesis, author={ }, title ={PEMBELAJARANILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) UNTUKMENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0}, year={2020}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MTlkNWQ4OTAtYzRmZC0xMWVhLWE2ZTEtM2JjOWFlNjlkZDk5}, abstract={Society5.0merupakan era yang dicetuskan oleh pemerintah Jepang. Sebuah konsepdimana manusia yang menjadi penyeimbang antara dunia nyata dan dunia maya yangberbasis teknologi. Setelah munculnya berbagai inovasi industri dan masyarakatdi era Revolusi Indsutri 4.0, Society 5.0 muncul sebagai antisipasiterhadap tren global yang sedang dihadapi saat ini. Artikel ini merupakan hasilkajian pustaka yang berhubungan dengan pembelajaran IPA berbasis High OrderThingking Skills (HOTS) sebagai kerangka dalam menghadapi tantangan hidupdi era Society 5.0. Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikantahapan kemampuan untuk memecahkan masalah, berpikir kritis dan kreatif melalui pembelajaran IPA berbasis HOTS. Metode pengumpulandata yang digunakan dalam penulisan ini adalah studi pustaka yang menggunakanberbagai sumber rujukan dari berbagai hasil penelitian maupun hasil pemikiranpenulis lainnya. Hasil dari penulisan ini yaitu memberikan gambaran tentangkonsep era society 5.0, penggunaan model pembelajaran IPA berbasis HOTSdalam membantu peserta didik untuk melatih kemapmpuan pemecahan masalah,berpikir kritis dan kreatif, serta merasakan langsung berbagai permasalahanyang kompleks seperti lingkungan hidup, kesehatan, pemanfaatan ilmupengetahuan, dan teknologi.KataKunci: Pembelajaran IPA, HOTS, Society 5.0} }