@thesis{thesis, author={ }, title ={Profil Penalaran Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Gender}, year={2020}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MTlmZDRkYTAtM2RiYy0xMWVhLTg5YWItODc3MjU4MDVmMzJi}, abstract={Rosdiana. 2019. Profil Penalaran Mahasiswa Pendidikan Guru SekolahDasar dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Gender. Disertasi.ProgramStudi Pendidikan Matematika, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya.Pembimbing: (1) Prof. Drs. I Ketut Budayasa, Ph.D., Pembimbing (II): Dr. AgungLukito, M.S.Kata Kunci: Penalaran,masalah geometri, genderPenalaran adalah rangkaian proses mental pada saatberpikir logis yang menghasilkan pernyataan baru atau kesimpulan dari premisdalam memecahkan masalah. Penalaran seseorang dapat dilihat pada pemecahanmasalah yang di selesaikannya. Domain penalaran yang dimaksud adalahmenganalisis (Analyze 1, 2, 3),menggeneralisasi (Generalize),mensintesis/ mengintegrasikan (Synthesize/Integrate 1, 2), menjustifikasi/membuktikan (Justify), memecahkan masalah tidak-rutin (Solve Non-Routine Problems). Profil penalaran dalam memecahkanmasalah geometri dieksplorasi dari proses pemecahan masalah sesuai dengantahapan Polya yang meliputi tahap memahami masalah, tahap membuat rencana,tahap melaksanakan rencana, tahap mengecek kembaliPenelitian eksploratif ini bertujuan mendeskripsikanprofil penalaran mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam memecahkanmasalah geometri berdasarkan gender. Subjek dalam penelitian ini adalah 1mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar perempuan yang cenderung memiliki sifatfeminin dengan inisial Subjek 1, dan 1 mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasarlaki-laki (Subjek-2) yang cenderung memiliki sifat maskulin dengan inisialSubjek 2. Pemilihan subjek melalui tes kemampuan matematika dan angket gender.Instrumen penelitian ini ada 2 yaitu peneliti sebagai instrumen utama daninstrumen bantu yaitu Tes Kemampuan Matematika (TKM), Tugas Pemecahan MasalahGeometri (TPMG), Pedoman wawancara, Angket Gender. Pengambilan data penelitianmelalui wawancara tidak terstruktur berbasis tugas. Pengujian keabsahan datamenggunakan triangulasi waktu, Analisisdata melalui beberapa tahap, (1) Input data valid, (2) Kategorisasi/Klasifikasidata, (3) Reduksi data, (4) Display data/penyajian data, (5) Interpretasidata/penafsiran data, (6) Kesimpulan.Berdasarkan hasil analisis data, maka diperolehkesimpulan terkait dengan Profil penalaran mahasiswa Pendidikan Guru SekolahDasar perempuan dalam memecahkan masalah geometri pada tahap memahami masalah adalah: (1) Dapat merepresentasikanmasalah dalam bentuk lain dengan benar (Analyze 1). (2) Dapat mengungkap dengan benar informasi apa yangdiketahui dengan argumen logisnya (Analyze 1). (3) Dapat mengungkapdengan benar informasi apa yang ditanyakan dengan argumen logisnya (Analyze1). (4) Dapat mengungkap dengan benar kecukupan informasi yang diketahui untukmenjawab permasalahan beserta argumen logisnya (Analyze 2). Profil penalaran mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasarperempuan dalam memecahkan masalah geometri pada tahap membuat rencana adalah(1) Dapat mengungkap strategiperencanaan yang akan digunakan dalam memecahkan masalah beserta argumenlogisnya (Analyze 1). (2) Dapat mengungkap konsep, prinsip atau prosedur yangakan digunakan dalam memecahkan masalah beserta argumen logisnya (Synthesize 1). (3) Dapat mengungkap peran dari setiap konsep, prinsipatau prosedur yang akan digunakan beserta argumen logisnya (Synthesize 2). Profil penalaran mahasiswa PendidikanGuru Sekolah Dasar perempuan dalammemecahkan masalah geometri pada tahap melaksanakan rencana adalah: (1) Dapatmelaksanakan pemecahan masalahsesuai dengan rencana dengan argumen logisnya (Generalize). (2) Dapat menggunakan konsep, prinsip atau prosedur dalammemecahkan masalah dengan benar beserta argumen logisnya (Synthesize 1, 2).(3) Dapat membuatkesimpulan dari perhitungan dengan benar dan logis (Analyze 3). Profilpenalaran mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar perempuan dalam memecahkan masalah geometri padatahap mengecek kembali adalah (1) Dapatmelakukan pengecekan terhadap langkah-langkah pemecahan masalah (Analyze1). (2) Dapat melakukan pengecekan terhadap perhitungan-perhitungan dalammemecahkan masalah (Justify). (3) Dapat melakukan revisi terhadaphal-hal yang ditemukan salah dengan argumen logis (Analyze 1).Profil penalaran mahasiswa Pendidikan Guru SekolahDasar laki-laki dalam memecahkan masalah geometri pada tahap memahami masalahadalah: (1) Dapat merepresentasikan masalah dalam bentuk lain dengan benar (Analyze 1). (2) Dapatmengungkap dengan benar informasi apa yang diketahui dengan argumen logisnya (Analyze1). (3) Dapat mengungkap dengan benar informasi tentang apa yang ditanyakandengan argumen logisnya (Analyze 1). (4) Dapat mengungkap dengan benarkecukupan informasi yang diketahui untuk menjawab permasalahan beserta argumenlogisnya (Analyze 2)Profil penalaran mahasiswa Pendidikan Guru SekolahDasar laki-laki dalam memecahkan masalah geometri pada tahap membuat rencanaadalah: (1) Dapat mengungkapkan strategi perencanaan yang akan digunakan dalammemecahkan masalah beserta argumen logisnya (Analyze 1). (2) Dapatmengungkap konsep, prinsip atau prosedur yang akan diguna} }