@thesis{thesis, author={ }, title ={STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH LAZIS AL HAROMAIN DALAM BIDANG PENDIDIKAN}, year={2019}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MWE2NWJmMDAtOThhNi0xMWU5LWFjODAtZWY2YTk3NDMwNjY1}, abstract={Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi manusia dimanapun berada. Termasuk di Indonesia. Pendidikanmerupakanusahamanusia untukmempersiapkandiridalam menghadapikehidupan. Indonesia yang merupakan salah satu negara dengan mayoritas penduduk muslim yaitu sejumlah 216,66 juta penduduk atau dengan persentase muslim sebesar 85 persen dari total populasi (BPS, 2015) memiliki potensi yang besar dari pengelolaan yang bersumber dari zakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh LAZIS AL HAROMAIN dalam pemberdayaan masyarakat dalam bidang pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan dari penelitian ini adalah manager distibusi dan pendayagunaan serta manager media dan informasi LAZIS AL HAROMAIN. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh data bahwa strategi pelaksanaan program-program pemberdayaan masyarakat bidang pendidikan diawali dengan perencanaan, pengumpulan donasi, kemudian pelaksanaan progam yang meliputi pelatihan metode pembelajaran bagi guru, pelatihan tahsin untuk guru Alquran, pelatihan dan pembinaan dai, dan kajian agama. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalis, dapat disimpulkan bahwa tahap pembedayaan masyarakat dalam bidang pendidikan yang dilakukan LAZIS AL HAROMAIN berupa penyadaran, pengkapasitasan, dan pendayaan. Kata kunci; strategi, pemberdayaan masyarakat, pendidikan, lembaga amil zakat } }