@thesis{thesis, author={ }, title ={PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PRODUKTIF DAN KELAYAKAN SARANA PRASARANA TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS TEACHING FACTORY PADA PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 SURABAYA}, year={2020}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MWMwNTAyMDAtYWYwYi0xMWVhLWIwMzItZDE3NDIwNzc1NDhk}, abstract={Era revolusi industri 4.0 saat ini tengahmemasuki dunia. Revolusi industri 4.0 atau yang disebut dengan revolusiindustri dunia ke- empat artinya alat-alat sudah beralih menggunakan robotserba otomasi. Di, SMK Negeri 1 Surabaya sudah menggunakan solusi untukmenghadapi revolusi industri 4.0 melalui pendekatan pembelajaran berbasis TeachingFactory. Penelitian ini telah dilakukan bertujuan untuk menguji seberapapengaruh kompetensi profesional guru produktif dan kelayakan sarana prasaranaterhadap peningkatan kompetensi siswa dalam pembelajaran berbasis teachingfactory pada program keahlian multimedia di SMK Negeri 1 Surabaya.Pada penelitian ini menggunakanmetode Ex Post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Jumlahsampel pada penelitian ini yaitu 138 siswa. Sedangkan, untuk menganalisis datamenggunakan program SPSS For Windows 23.0. Berdasarkan, hasil data darianalisis uji T bahwa pada variabel kompetensi profesional guru produktif secaraparsial berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi siswa dengan nilai Thitung 5,300 > Ttabel 1,997.Sedangkan, nilai signifikan 0,000 < nilai alpha 0,05. Hipotesinya, H0 ditolak dan H1 diterima. Padavariabel kelayakan sarana prasarana secara parsial berpengaruh terhadappeningkatan kompetensi siswa dibuktikan dengan nilai Thitung 4,009 > Ttabel 1,997. Sedangkan, nilai signifikan yaitu 0,000 < nilai alpha0,05. Hipotesinya, H0 ditolak dan H1 diterima.Pada hasil analisis uji F pada penelitianini memperoleh Fhitung sebesar 41,800dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < nilai alpha 0,05. Sehingga, H0 ditolak dan H1 diterima artinyakompetensi profesional guru produktif dan kelayakan sarana prasaranabersama-sama berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi siswa. Adapun besarnyapengaruh kompetensi profesional guru produktif dan kelayakan sarana prasaranaterhadap peningkatan kompetensi siswa dalam pembelajaran berbasis teachingfactory pada program keahlian multimedia di SMK Negeri 1 Surabayasebesar 38,2%. Oleh karena itu, adanya kompetensi profesional guruproduktif dan kelayakan sarana prasarana merupakan suatu dorongan kepada siswauntuk meningkatkan kompetensinya khususnya pada kegiatan produksi sehinggadapat menghasilkan suatu produk secara lebih baik dan optimal. Kata Kunci : kompetensi profesional guru produktif, sarana prasarana,kompetensi siswa} }