@thesis{thesis, author={ }, title ={PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DENGAN LKPD BERBASIS SCAFFOLDING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MATERI HUKUM ARCHIMEDES}, year={2021}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MWMyOGJiNDAtZTQ3ZS0xMWViLTgzYWItMTNjMDcxZWY2Y2E5}, abstract={Penelitianini bertujuan mendeskripsikan pencapaianpeserta didik dari kelas VIII A SMP Negeri 1 Kraksaan dalam peningkatan keterampilan proses sainspada materi Hukum Archimedes denganmengaplikasikan model pembelajaran guided inquiry berbantuan LKPD berbasis scaffolding.Penelitian ini menggunakan desain OneGroup Pre-test-Post-test oleh 30 peserta didik dalam satu kelas eksperimen. Instrumen dalam pengumpulan databerupa lembar keterlaksanaan pembelajaran, soal pre-test dan post-testketerampilan proses sains, serta angket atau kuesioner respons siswa. Hasil analisis data menunjukkan (1) Keterlaksanaan pembelajaran seluruhnyaterlaksana dengan kategori sangat baik. (2) Keterampilan proses sains siswa diketahui meningkat dari diperolehnya N-gain score rata-rata 0,69 yang berkategorisedang. (3) Respons siswa sebesar 92,31% memberikan respons positif, berkategori sangat baik. Hal tersebut membuktikan yakni penerapan model pembelajaran guided inquiry berbantuan LKPD berbasis scaffolding dapat melatih keterampilanproses sains siswa pada materi Hukum Archimedes.} }