@thesis{thesis, author={ }, title ={PENGEMBANGAN ALAT PERAGA VISKOSITAS UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PESERTA DIDIK DI SMA}, year={2020}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MWNiNDg4MjAtM2U5NC0xMWVhLTlmZjMtZTNlMzFlNmZlNGYy}, abstract={Tujuan dari penelitian iniyaitu menghasilkan alat peraga viskositas untuk melatihkan keterampilan prosessains pada peserta didik di SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitianpengembangan dengan model ADDIE dengan tahapan meliputi Analysis (Analisa), Design (Perencanaan), Develop (Pengembangan), Implementation (Penerapan), Evaluation (Evaluasi). Alat peragayang dikembangkan diujicobakan kepada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Cermedengan menggunakan uji terbatas sebanyak 30 peserta didik. Data hasilpenelitian ini berupa kelayakan alat peraga sebesar 95,38% dengan kategorisangat valid dan layak digunakan. Adapun kepraktisan ditinjau dariketerlaksanaan dan kendala saat kegiatan pembelajaran menggunakan alat peragaviskositas sebesar 97,22% dengan kategori sangat baik. Sedangkan untukkeefektifan yang ditinjau dari dua aspek yaitu hasil belajar dan aktivitaspeserta didik saat melakukan percobaan menggunakan alat peraga sebesar 90,67%dengan kategori sangat tinggi serta angket respon peserta didik dari 30 pesertadidik didapatkan respon positif sebesar 84,74% dengan kategori sangat baik.Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa alat peraga viskositas telah layakdigunakan sebagai media pembelajaran fisika materi fluida statis sub materiviskositas dan hukum stokes.Kata kunci: Alat Peraga, Viskositas} }