@thesis{thesis, author={ }, title ={Percobaan Alat Peraga RLC sebagai Media PembelajaranRangkaian Tegangan Bolak-balik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa}, year={2022}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MWU4Y2VhMzAtZmU5MS0xMWVjLWI3YWQtNGZjMDk5NWFmM2Uy}, abstract={Media pembelajaran disebut sebagai salah satu alat dalammemudahkan penyampaian materi suatu bahan ajar dari pendidik ke siswa, denganitu diharapkan proses belajar akan berjalan dengan baik dan menarik bagi siswa.Latar belakang dari penelitian ini yaitu kurangnya media pembelajaran khususnyabidang studi Fisika di sekolah. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untukmengetahui kelayakan dari alat peraga sebelum diuji cobakan ke siswa. Terdapattiga aspek penilaian untuk menguji kelayakan alat yang meliputi validasi alatperaga, keefektifan alat berdasarkan hasil belajar siswa aspek pengetahuan,serta kepraktisan alat peraga diperoleh dari respon siswa setelah pembelajaran.Penelitian ini menggunakan metodologi R&D (Research and Development) danmenggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluation) dengandesain penelitian one group pre-test-post-test. Subjek penelitian sebanyak 29orang siswa kelas XII SMA Tamansiswa Mojokerto dari 3 kelas yang berbeda. Hasilpenelitian ini menyatakan alat peraga rangkaian RLC layak digunakan dalampembelajaran. Kelayakan tersebut dibuktikan dengan : (1) validasi dari alatperaga termasuk kategori sangat valid, (2) efektivitas alat peraga dari hasilbelajar siswa pada aspek pengetahuan dengan kategori n-gain sedang, dan (3)kepraktisan alat peraga berdasarkan respon siswa yang dilakukan diakhirpembelajaran memberikan penilaian dengan kategori sangat praktis.Keywords: Alat peraga, listrik arus bolak-balik,media pembelajaran, rangkaian RLC} }