@thesis{thesis, author={ }, title ={PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI TEKANAN ZAT CAIR KELAS VIII SMP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA}, year={2019}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MjExZTA0ODAtN2I2Yi0xMWU5LTgyMWUtYTE4ODE5YmJjZDg0}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline pada materi tekanan zat cair kelas VIII yang layak secara teoritis dan empiris serta mendeskripsikan kelayakan teoritis dan empiris media untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan analisis deskriptif kuantitaf dan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline layak secara teoritis dan empiris. Kelayakan teoritis ditinjau dari hasil validasi media yang menunjukkan modus sangat baik. Kelayakan empiris dalam segi kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan modus sangat baik dan aktivitas dominan pada mempelajari materi melalui media sebesar 30,7%. Kelayakan empiris dalam segi keefektifan ditinjau dari respon positif siswa sebesar 91,21% dan peningkatan hasil belajar dengan N-Gain 0,68.Kata Kunci: multimedia interaktif, Articulate Storyline, tekanan zat cair, hasil belajar.} }