@thesis{thesis, author={ }, title ={PENGEMBANGAN KONTEN E-BOOK MATERI USAHA DAN ENERGI BERBASIS CRITICAL THINKING}, year={2019}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MjEyMGM5YzAtZTAwZC0xMWU5LWJiYTYtZGZiYTdlOGNmODcy}, abstract={Penelitian inibertujuan untuk menghasilkan e-Book berbasiscritical thinking yang layak (valid,praktis, dan efektif). Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembanganmenggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis,Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahkuisioner, observasi, dan tes dengan subjek 30 peserta didik kelas XI MIPA diMadrasah Aliyah Negeri Kota Mojokerto. Validitas e-Book ditinjau dari aspek bahasa, media, materi, dan berpikirkritis. Kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran dan berpikirkritis berbasis proses. Keefektifan ditinjau dari evaluasi dan respon pesertadidik. Semua aspek penilaian validitas, keterlaksanaan pembelajaran, berpikirkritis berbasis proses, dan respon peserta didik menggunakan skala Likertsedangkan evaluasi dinilai tuntas apabila skor akhir KKMdi sekolah. e-Book berpikir kritis dinyatakan layak apabila persentase semuakriteria kelayakan 61%. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Persentase validitas bahasasebesar 87,50%, persentase media sebesar 91,25%, persentase materi sebesar92,86%, dan persentase berpikir kritis sebesar 90,00% sehingga e-Book yang dikembangkan dapatdinyatakan valid; 2) Persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 93,73% danpersentase berpikir kritis berbasis proses 92,22% sehingga e-Book yang dikembangkan dapat dinyatakan praktis; 3) Hasilevaluasi peserta didik menunjukkan bahwa 100% peserta didik mendapatkan nilaidi atas KKM dan persentase respon peserta didik 80,56% sehingga e-Book yang dikembangkan dapatdinyatakan efektif. Kata Kunci: e-Book,berpikir kritis.} }