@thesis{thesis, author={ }, title ={Pengembangan Aplikasi Game Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Aritmatika Sosial}, year={2020}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MjJiNDQ3YTAtMzMyOC0xMWVhLTgwODktN2JhNWZhZWZkMzU4}, abstract={Perkembangan teknologi yang semakin pesat seperti smartphoneterutama yang berbasis Android membuat siswa lupa akan belajar dan lebihmemilih untuk bermain game daripada belajar, hal ini menjadi ancamanuntuk bidang pendidikan. Namun, hal ini juga merupakan peluang untuk duniapendidikan yakni dengan memanfaatkan smartphone berbasis Android tersebut menjadi media pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan mediapembelajaran berbasis Android pada materi Aritmatika Sosial dan hasilpengembangan media pembelajaran ini ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapyaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi media, lembar validasimateri, angket respon siswa, lembar pengamatan, dan skor permainan siswa. Ujicoba media pembelajaran ini dilakukan secara terbatas kepada 15 siswa kelasVIII SMP Negeri 1 Wonoayu. Berdasarkanhasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata totalkevalidan 3,59 (ahli media) dan 3,58 (ahli materi) sehingga dapat dikategorikanbahwa media pembelajaran berbasis Android ini valid. Media pembelajaranini diakatakan praktis karena berdasarkan persentase angket respon siswadiperoleh 83,25% dan berdasarkan lembar pengamatan diperoleh nilai rata-ratasebesar 90,67%. Berdasarkan skor permainan yang diperoleh siswa 86,67% siswamemperoleh nilai 76 (KKM) sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaranberbasis Android ini efektif.Kata Kunci: pengembangan, game Android, media pembelajaran, Aritmatika Sosial} }