@thesis{thesis, author={ }, title ={PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP CUSTOMER RETENTION PADA BMT UGT SIDOGIRI CABANG TANAH MERAH BANGKALAN}, year={2019}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MjMxOGQzZTAtYjM0OS0xMWU5LWI1MjMtMmRhMWEwMjdiZjY2}, abstract={ABSTRAK PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP CUSTOMERRETENTION PADA BMT UGT SIDOGIRI CABANG TANAH MERAH BANGKALAN Nama : Regina Dani SuhandaNIM : 15081194006Program Studi : S-1 Ekonomi IslamJurusan : Ilmu EkonomiFakultas : EkonomiNama Lembaga :Universitas Negeri SurabayaPembimbing : Dr. A'rasyFahrullah, S.Sos, M.SiPenelitian Ini bertujuan untuk mengujipengaruh etika bisnis islam yakni kesatuan (unity/tauhid), keseimbangan(equilibrium), kehendak bebas (free will), tanggung jawab (responbility),dan kebenaran terhadap customer retention pada BMT UGT SidogiriCabang Tanah Merah Bangkalan. Penelitian ini dilkukan dengan menggunakanpendekatan kuantitatif deskriptif. Jumlah sampel penelitian ini adalahberjumlah 98 responden yang berasal dari anggota aktif 2018 2019 danmengunakan teknik accidental sampling. Penelitian ini menggunakankuesioner yang di ukur menggunakan skala likert dan dianalisis menggunakan SPSSversi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara menyeluruh indikatorpada etika bisnis islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap customerretention. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel etika bisnisislam berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer retention pada BMT UGT Sidogiri Cabang Tanah MerahBangkalan. Adapun hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkanbahwa variable etika bisnis islam memiliki pengaruh sebesar 33,2% terhadapvariabel customer retention. Kata Kunci: Baitul Maal Wat Tamwil, Etika BisnisIslam, Customer Retention } }