@thesis{thesis, author={ }, title ={PENGEMBANGANLEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATERI RADIASI BENDA HITAM DENGANBERBANTUAN PHET SIMULATIONS}, year={2021}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MjNhYzdmODAtYjkxNC0xMWViLWFmOGUtMjcxZjk5MDUyYjFj}, abstract={Tujuandari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dankeefektifan Lembar kerja peserta didik (LKPD) pada materi Radiasi Benda Hitam denganberbantuan PhET simulations. Metode penelitiannya adalah Penelitian danPengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development,Implementation, Evaluation). Subjek penilitian yaitu 15 peserta didik pada kelasXII MIA 5 di MAN 1 Lamongan tahun pelajaran 2020/2021 pada semester genap. Hasilvalidasi perangkat pembelajaran Lembar kerja peserta didik (LKPD) dari paraahli telah memenuhi standart dinama persentase kelayakan isi sebesar 89.30%, persentasekebahasaan sebesar 93,30%, persentase sajian sebesar 92%, dan persentase kegrafisansebesar 95%. Hasil persentase tiap poin dari tiga validator menunjukkan bahwaLembar kerja peserta didik (LKPD) yang telah dibuat termasuk dalam kategorisangat valid. Hal tersebut didukung oleh hasil respon peserta didik melaluiangket yang dibagikan mengenai Lembar kerja peserta didik (LKPD) dinamapersentasenya sebesar 84,44% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasilevaluasi peserta didik setelah pembelajaran menggunakan Lembar kerja pesertadidik (LKPD) menunjukkan bahwa 87% peserta didik tuntas dan 13% peserta didiktidak tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Lembar kerja peserta didik(LKPD) yang dibuat telah valid dengan respon peserta didik yang sangat baik danefektif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai materi RadiasiBenda Hitam.Katakunci: LKPD, PhET simulations, radiasi benda hitam.} }