@thesis{thesis, author={ }, title ={Pengembangan Perangkat Perkuliahan BerbasisInkuiri dengan Bantuan Media Laboratorium Virtual ChemCollective untuk MelatihkanLiterasi Sains Mahasiswa Pendidikan IPA.}, year={2023}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MjNhZTg1ZTAtMmI3Yy0xMWVlLTliM2MtZmJjMTE3YWMxMTM4}, abstract={Penelitian ini bertujuan untukmenghasilkan perangkat perkuliahan berbasis inkuiri pada materi kesetimbangankimia dengan bantuan media laboratorium virtual ChemCollective yang layakdengan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif dalam melatihkan literasisains mahasiswa Pendidikan IPA. Penelitian ini menggunakan model pengembanganperangkat 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define (pendefinisian), Design(perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate(penyebaran). Tahapan implementasi dilaksanakan pada mahasiswa Prodi PendidikanIPA UIN Sunan Ampel Surabaya dengan menggunakan desain penelitian one gruppretest-posttest design. Pengembangan perangkat perkuliahan pada penelitianini divalidasi oleh dua orang validator. Teknik pengumpulan data dalampenelitian ini menggunakan teknik validasi, teknik observasi, teknik tes, dan teknikangket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas perangkat perkuliahanberkategori sangat valid, pembelajaran terlaksana sangat baik, mahasiswamengikuti perkuliahan dengan sangat aktif, dan nilai keterampilan literasisains mahasiswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah diterapkanperangkat perkuliahan berbasis inkuiri dengan bantuan media laboratoriumvirtual ChemCollective dengan rata-rata N-Gain Skor pada kelas ujicoba I (Kelas IIIA) 0,71 dan Kelas Uji Coba II (Kelas IA dan Kelas IB)untuk masing-masing kelas adalah 0,76 dan 0,75. Respon mahaiswa terhadappembelajaran sangat positif. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwaperangkat perkuliahan yang dikembangkan layak dengan kriteria valid, praktis,dan efesien dalam melatihkan literasi sains mahasiswa.} }