@thesis{thesis, author={ }, title ={PENGEMBANGANMEDIA COUNTING STICKS UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA ANAKTUNAGRAHITA TINGKAT SEKOLAH DASAR}, year={2021}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MjUyZWU5ZTAtNWNhZi0xMWViLWI2ZDMtOTMzYzVmNzg4MjE5}, abstract={Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan media Counting Sticks yang layak digunakanuntuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan pada anakTunagrahita tingkat Sekolah Dasar di SLB Fajar Harapan Surabaya. Metode yangdigunakan dalam pelaksaan pembuatan media adalah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknikpengumpulan data dilaksanakan dengan Observasi, Wawancara untuk melakukan studipendahuluan atau penelitian awal untuk mengetahui masalah dan Angket untukmengetahui kelayakan media yang dilakukan oleh para Ahli yaitu Ahli Materi danAhli Media. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu Ahli Media danAhli Media.Analisis Data angket menggunakan pengukuran skala Guttman. Hasil Presentasedari oleh Ahli materi sebesar 100% dan Hasil presentase oleh Ahli Media sebesar96,29 %. Hasil kedua kriteria penilaian presentase media yang sangat layak.Kesimpulannya bahwa media Counting Sticksuntuk berhitung layak digunakan oleh anak Tunagrahita dalam kegiatanpembelajaran penjumlahan dan pengurangan di SLB Fajar Harapan Surabaya.} }