@thesis{thesis, author={ }, title ={Pengembangan LKPD Berbasis PBL Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Analitis Pada Materi Elektrolit dan Nonelektrolit}, year={2021}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/Mjg2NGIwNzAtYzA3YS0xMWViLTk1NWYtNjM0ZGNlOWU1OTUy}, abstract={Penelitian ini bertujuanuntuk mengembangkan LKPD berbasis PBL untuk melatihkan keterampilan berpikiranalitis pada materi elektrolit dan nonelektrolit yang layak digunakan.Kelayakan LKPD ditinjau dari aspek validitas (isi dan konstruk), kepraktisandan keefektifan. Penelitian dalam mengembangkan LKPD menggunakan model 4D yangterdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate,tetapi pelaksanaannya dibatasi sampai tahap develop. Aspek validitasdidasarkan atas penilaian dosen ahli. Kepraktisan didasarkan atas responpeserta didik. Keefektifan diperoleh dari nilai tes keterampilan analitispeserta didik. Uji coba dilakukan pada 12 peserta didik SMAN 3 Sidoarjo. Hasilpenelitian untuk aspek validitas LKPD memperoleh kriteria sangat valid denganpersentase rata-rata sebesar 84,17% dari segi isi dan 90,28%, 90,28%, 88,89%dari segi konstruk secara berurutan untuk kebahasaan, penyajian dan kegrafikan.LKPD yang digunakan memperoleh kriteria sangat praktis yang dinilai dari hasilrespon peserta didik dengan persentase rata-rata sebesar 90,56% dan didukungdengan aktivitas peserta didik. Hasil tes keterampilan berpikir analitispeserta didik menunjukkan N-Gain skor rata-rata sebesar 0,84 dengan kriteriatinggi dan memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 91,67%, sehingga LKPDdikatakan sangat efektif. Secara keseluruhan, pengembangan LKPD berbasis PBLdikatakan layak untuk digunakan dalam melatihkan keterampilan berpikir analitispada materi elektrolit dan nonelektrolit. Kata kunci: PBL, LKPD, keterampilanberpikir analitis, elektrolit dan nonelektrolit.} }