@thesis{thesis, author={ }, title ={Pengembangan Media Tiga Dimensi Jaring-jaring Kubus dan Balok Materi Jaring-jaring Kubus dan Balok Pembelajaran Matematika pada peserta didik Tunanetra Kelas VIII di SMPLB-A YPAB Surabaya}, year={2019}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MmQ1NDk5YzAtN2JiYS0xMWU5LTkxOWUtN2Y3N2ZjODg1MGY0}, abstract={Berdasarkan Studipendahuluan yang dilakukan oleh peneliti dengan guru mata pelajaran matematikakelas VIII di SMPLB-A YPAB Surabaya. tujuan dari penelitian ini adalahmenghasilkan media tiga dimensi jaring-jaring kubus dan balok yang layak danefektif untuk peserta didik kelas VIII di SMPLB-A YPAB Surabaya. modelpengembangan yang digunakan adalah model R & D menurut borg and Gall(Sugiono, 2014:289). Jenis data yang digunakan dalam pengumpulan data adalahdata kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah berupa wawancara,observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil validasi RPP oleh ahli desainpembelajaran 96%, hasil validasi materi oleh ahli materi I 89,8%, validasimateri oleh ahli materi II sebanyak 96%, validasi media oleh ahli media Iberjumlah 91,67%, validasi media oleh ahi media II berjumlah 92%, validasibahan penyerta oleh ahli materi I berjumlah 87,5%, validasi bahan penyerta olehahli materi II berjumlah 93%, validasi bahan penyerta oleh ahli media Iberjumlah 88,63%, validasi bahan penyerta oleh ahli media II berjumlah 90,90%.berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media tiga dimensijaring-jaring kubus dan balok dikategorikan sangat baik dan layak digunakan.hasil pre-test diperoleh rata-rata43,3, sedangkan nilai post-testdiperoleh nilai rata-rata 85. selain itu, hasil penelitian juga menujukkan bahwaZhitung = 2,20 lebih besar dari Ztabel = 1,96 dengannilai krisis 5% dengan n= 6, berarti Zhitung = 2,20> Ztabel 1,96.Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media tiga dimensi jaring-jaring kubusdan balok efektif untuk meningkatkan kemampuan anak tunanetra dalam memahamimateri jaring-jaring kubus dan balok.} }