@thesis{thesis, author={ }, title ={Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Materi Bumi dan Satelitnya}, year={2023}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MmZlZWI5MjAtMWM2YS0xMWVlLWI1NmYtMGI2Zjk4ZmFlNTA0}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan model inkuiri terbimbing terhadap literasi sains pada materi Bumi dan Satelitnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif melalui desain pretest-posttest dengan satu kelompok. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas VII-A SMP Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo, semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan angket. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes literasi sains, dan lembar angket respons peserta didik. Hasil tes dianalisis menggunakan uji t berpasangan dan menghitung effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing pada materi Bumi dan Satelitnya mendapatkan kriteria terlaksana dengan sangat baik dengan modus 4. Kemampuan literasi sains peserta didik mengalami peningkatan dibuktikan dengan hasil uji t berpasangan sebesar 0,000 dan perhitungan effect size sebesar 1,823. Level literasi sains peserta didik setelah pembelajaran mayoritas berada pada level 4. Peningkatan kompetensi literasi sains yang paling besar yaitu pada indikator menjelaskan fenomena secara ilmiah sebesar 27,08 lalu indikator menginterpretasi data dan bukti secara ilmiah sebesar 23,15 dan indikator merancang dan mengevaluasi penyelidikan ilmiah sebesar 6,29. Proses pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing pada materi Bumi dan Satelitnya juga direspon sangat baik oleh peserta didik dengan 66,67% pernyataan bermodus 4. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi Bumi dan Satelitnya.} }