@thesis{thesis, author={ }, title ={PENGEMBANGAN MULTIMEDIAINTERAKTIF PADA MATERI PERSAMAAN NILAI MUTLAK MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUKSISWA KELAS X DI SMAN 19 SURABAYA}, year={2021}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MzY2ZTJmNzAtYzM1ZS0xMWViLWJkZTktNDdlYTEzMDM0NmYx}, abstract={Bersumber pada permasalahan yang terdapat pada SMA Negeri19 Surabaya, kelas X mata pelajaranMatematika materi Persamaan Nilai Mutlak, siswa mengalami kesulitan dalammemahami materi dan tidak memiliki motivasi untuk belajar. Permasalahan tersebutmenyebabkan hasil belajar siswa belum mencapai tujuan nilai ketuntasan belajarminimal. Maka, diperlukan multimedia interaktif untuk mengatasi permasalahantersebut. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengembangkan produk berupamultimedia interaktif, dan 2) untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktifmateri Persamaan Nilai Mutlak mata pelajaran Matematika kelas X di SMA Negeri19 Surabaya. Pengembangan ini menerapkan model Analyze, Design, Development, Implementation,Evaluation (ADDIE). Guna mengetahui kelayakan multimediainteraktif, peneliti meggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancaraterstruktur dan angket kelayakan. Hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh ahlimateri dan ahli media masuk ke dalam kriteria layak digunakan dalam prosespembelajaran. Keunggulan multimedia interaktif yang dikembangkan adalahpembelajaran menjadi inovatif dan lebih interaktif, memberi kemudahan bagi gurudalam memvisualisasikan materi, efisiensi waktu dan mensuasanakan siswa untukmampu belajar mandiri karena penyajian materi secara menarik dan mudah dalammerawat sekaligus menggunakannya.Kata Kunci: PersamaanNilai Mutlak, Multimedia Interaktif, Pengembangan} }