@thesis{thesis, author={ }, title ={Penerapan pengelolaan tata naskah dokumen fisik dan pengelolaan tata naskah image document (aplikasi TAKTRONIK) pada bagian kenaikan pangkat di Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya}, year={2019}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MzY3ZDBkMDAtYjc1Ny0xMWU5LTljMmItZjU0NGQ4OGQ2MWY3}, abstract={KantorRegional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya merupakan salah satu instansiyang menyelenggarakan tugas negara dibidang manajemen kepegawaian yangdiharapkan dapat memenuhi kebutuhan Pegawai Negeri Sipil di Wilayah kerjanyadengan cepat termasuk juga dalam mengelola tata naskah Kepegawaian. Padaawalnya pengelolaan tata naskah hanya dilakukan dalam bentuk dokumen fisik, namundengan semakin berkembangnya teknologi informasi maka Kantor Regional II BadanKepegawaian Negara Surabaya merupakan salah satu instansi yag terkena dampakakan perkembangan tekologi informasi dengan yaitu menerapkan Aplikasi TakTroniksalah satunya adalalah di bagian Kenaikan Pangkat, sehingga dengan adanyaaplikasi TakTronik Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabayamenerapkan kedua pengelolaan tata naskah yaitu dalam bentuk dokumen fisikmaupun image document (aplikasiTakTronik). Tujuandari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mendeskripsikan tentang penerapanpengelolaan tata naskah dokumen fisik dan pengelolaan tata naskah Image Documet (aplikasi TakTronik) yangada pada bagian Kenaikan Pangkat di Kantor Regional II Badan Kepegawaian NegaraSurabaya.Jenispenelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatifdengan terdapat 2 (dua) fokus yaitu pegelolaan tata naskah dokumen fisik danpengelolaann tata naskah Image Document(Aplikasi TakTronik) dengan pengumpulan data yang dilakukan dengan (tiga) teknik yaitu melalui tahap obserasi,wawancara dan dokumentasi. Dan teknik anaslisi yang data yang digunakan dalampenelitian ini meliputio 3 (tiga) tahap yaitu Redukasi data, penyajian data danpenyimpulan/verifikasi. Hasilpenelitian ditemukan bahwa (1) pengelolaan tata naskah dokumen fisik di bagianKenaikan Pangkat meliputi: pencatatan tata naskah kedalam daftar isi dan kartuinduk pegawai kemudian melakukan penyimpanan kdalam lemari penyimpanan denganmegurutkan tata naskah berdasarkan NIP PNS dengan pemeliharaanya yaitu dengamemasukkan tata naskah kedalam map bening dan map biru yang dinilai lebih amandan tahan lama. (2) Pengelolaan tata naskah image document (Aplikasi TakTronik)di bagian Kenaikan Pangkat meliputi : melakukan pemindaian dokumen denganmengambil tata naskah di lemaripenyimpanan dengan mengurutkan sesuai dengan urutan NIP PNS lalu melakukanscanning dengan cara membuka aplikasi TakTronik serta memasukkan dokumen padaalat scanner yang kemudian penyimpanannya akan tersimpan secara otomatis padasaat melakukan scan, dan pemeliharaan tata naskah pada aplikasi TakTronikmemiliki pencarian dokumen, tambah dokumen dan hapus dokumen. pengelolaandokumen fisik dan Aplikasi Taktronik dikelola oleh pengelola yang sama sesuaidengan wilayah tanggung jawabnya masing masing. Saranyang dapat diberikan pada untuk bidang Pengelolaan Arsip Kepegawaian padabagian Kenaikan Pagkat adala perlu adanya pengusulan pengelola yang baru,penambahan fitur pada aplikasi TakTronik, dan diadakannya latihan/pengarahanpada proses digitalisasi kepada pengelola tata naskah sehingga akanmemperrmudah pemahaman mengenai penamaan dokumen pada saat melakukan scanning. KataKunci : Tata Naskah, Dokumen Fisik, Aplikasi TAKTRONIK} }