@thesis{thesis, author={ }, title ={Penerapan Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa di Masa Pandemi}, year={2022}, url={https://digilib.unesa.ac.id/detail/MzhhMjkyYTAtOGZhMi0xMWVjLWFlYjctZWY0NDc0YTkwN2E4}, abstract={Penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains siswadengan menerapkan media virtual laboratory melalui model pembelajaraninkuiri terbimbing pada materi Hukum Archimedes. Metode penelitian ini, yaitu pra-eksperimendengan rancangan one group pretest posttest design. Subjek penelitianini, yaitu 35 siswa kelas VIII J SMP Negeri 1 Surabaya. Metode pengumpulan datadengan memberikan pretest sebelum dan posttest sesudah penerapanpembelajaran serta observasi terhadap keterlaksanaan pembelajaran dengan lembarobservasi. Data dianalisis menggunakan uji-t berpasangan dan uji N-Gain.Hasil uji-t berpasangan dengan (p) (0.00) < 0.05 menunjukkanadanya pengaruh perlakuan terhadap keterampilan proses sains siswa. Adapunhasil uji N-Gain menunjukkan nilai rata-rata sebesar 0,8 dengan kategoritinggi serta tercapai ketuntasan klasikal sebesar 80%. Berdasarkan hasil yangdidapatkan, dapat disimpulkan bahwa media virtual laboratory denganmodel pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan prosessains siswa pada materi Hukum Archimedes.Kata Kunci: virtual laboratory,inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains} }